Connect with us

Hi, what are you looking for?

Headline

Bakal Jebol Desa, Ini Lokasi Kawungsari ‘Baru’

KUNINGAN (MASS) – Nampaknya, warga Desa Kawungsari yang jor-joran membeli kendaraan bareng punya alasan tersendiri.

Selain karena mungkin kebutuhan mobilisasi jarak, uang yangs edang melimpah, juga karena kebutuhan pokoknya dijamin.

Satu desa, dari mulai fasilitas umum hingga rumah dan tanah untuk warga, tengah disediakan.

Hal itu pertama kali diutarakan oleh Sekdes Kowisno saat diwawancari kuninganmass.com, Senin (22/2/2021) siang di kantornya.

Kowisno menyebut, desanya yang akan berubah diguyur air ,disulap menjadi Waduk Kuningan ini, sudah ditentukan akan pindah kemana.

“Relokasi ? Kedepan kita udah ditentukan ke Desa Sukarapih Kecamatan Cibeureum (sebelah utara desa,red),” sebutnya.

Menurutnya, saat ini projek itu tengah digarap dan beberapa sudah siap. Mulai dari balai desa, masjid dan fasilitas-fasilitas umum juga sudah disiapkan. Bahkan, rumah-rumah untuk warga pun tengah dalam proses.

“Balai desa udah disiapkan, mesji sudah, fasum fasum udah disiapkan.Rumah juga udah disiapkan 419 rumah, baru sekitar 60%,” jelasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Nantinya, Desa Kawungsari akan melakukan jebol desa. Jadi sleuruh desa dan isinya pindah kesana.

Bahkan secara administrative dan definitip. Artinya, letak geografisnya pun tidak akan menginduk pada Desa Sukarapih.

Kuninganmass.com sendiri mencoba mendatangi langsung projek pengerjaan calon Desa Kawungsari ‘baru’ tersebut.

Lokasinya memang masih masuk Desa Sukarapih Kecamatan Cibeureum tak jauh dari gerbang masuk desa. Terlihat dari pantauan, ratusan rumah sudah berdiri meski belum semuanya selesai, belum sampai tahap finishing.

Ratusan rumah tersebut, terlihat memiliki model, lahan dan bahkan warna cat yang serupa (berwarna kuning kecoklatan, yang sudah dilakukan finishing).

Perumahan yang akan jadi Desa Kawungsari itu, berada di lokasi datar dan lebih ke seperti perumahan modern meski terletak di pedalaman.

Kuninganmass.com sendiri memantaunya dari mulai gerbang. Gerbang projek sendiri terlihat dijaga oleh plang dan beberapa penjaga. Setiap tamu, diperiksa terlebih dahulu identitas dan kepentingannya.

Sembari terus melakukan pemantauan di lokasi calon Desa kawungsari ‘Baru’ itu, kita coba menanyakan beberapa informasi. Ternyata, bukan hanya untuk warga Kawungsari, Sebagian warga desa Randusari yang terdampak pun, rencananya akan mendapat rumah dan tanah disana.

Belum bisa dipastikan, apakah nantinya hak guna pakai dengan kepemilikan negara, atau hak milik pribadi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Di lokasi, terlihat, kendaraan projek juga berlalu lalang masuk lokasi dengan material yang dibawanya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pasca tidak ada teror ke hewan ternak di Kecamatan Cibingbin, semua lega. Namun, kelegaan warga hanya sebentar karena serangan serupa terjadi...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Untuk kesekian kalinya petani KJA (Kolam Jaring Apung) Waduk Darma berhasil menangkap ikan raksasa jenis bandeng. Ikan ini berhasil ditangkap pada...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Waduk Darma kembali memberi berkah bagi warga sekitar. Hal ini setelah para petani Keramba Jaring Apung (KJA) kembali menangkap ikan raksasa. Kali...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Elf jurusan Cikijing-Cirebon terbalik di Jalan Kuningan-Cikijing tepatnya di Jalan Desa Kertawirama Kecamatan Darma. Insiden laka tunggal ini terjadi pada Minggu...

Advertisement