Connect with us

Hi, what are you looking for?

Headline

Dua Bangunan Terbakar, Kerugian Mencapai Rp245.060.000

KUNINGAN (MASS) – Setelah melakukan pendataan oleh pihak Damkar Kuningan, jumlah kerugikan akibat kebakaran di komplek Terminal Ciawigebang ternyata sebesar Rp245.060.000.

Besarnya kerugian yang diderit karena ada dua bangunan yang terbakar yakni usaha milik Juabedah yang dijalankan oleh anaknya Saeful (35).

Sedangkan satu lagi studi Photo milik H Uus Saefudin. Kejadian kebakaran Sabtu (22/5/2021) pukul 07.00 WIB tepatnya adalah di  Ciputat Rt1 /1 Kecamatan Ciawigebang.

“Kerugian rumah ke 1  Rp.215.060.00  dan bagunan studi Photo Rp30 juta,” ujar Kepala UPT Damkar Khadafi Mufti.

Diterangkan,  luas bangunan pertama  yang terbakar adalah 96 m2 x @ Rp. 2.000.000/m2 = Rp192 juta. Kemudain, yang terbakarpakaian, perabotan rumah tangga,.

Selanjutnya peralatan elektronik dll +_ Rp20 juta dan bensin sebanyak 400 liter (2 drum ) x @ Rp. 7.650/ liter = Rp. 3.060.000 dengan total kerugian  Rp215.060.000.

SSementara untuk kerugian  studi photo adalah luas total bangunan 60 m2, dan yang terbakar seluas 30 m2 (atap plapon) x Rp1.000.000/m2 = Rp30 juta sehingga dua bangunan Rp245.060.000.

Khadafi menerangkan, dari data yang dihimpun berdasarkan  keterangan saksi H Sudrajat (47) warga setempat. Sekitar pukul 07.00 wib Saeful (37) memindahkan bensin dari drigent ke dalam drum uk 200 liter sebanyak 2 buah (kapasitas 400 liter) di dapur untuk persiapan pembukaan usaha /rutinitas jualan bensin,

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dan pada saat yang bersamaaan tanpa di sadari bensin yang sedang di isi dari drigen kedalam drum tumpah ke lantai.

Hal itu karena drum dalam keadaan penuh, kemudian bensin tumpah dan berserskan di lantai.

Saat itu kuga kompor gas yang berjarak +_ 2 m dari tempat pemindahan bensin dalam keadaan menyala, karena pemilik rumah sedang memasak air.

Kemudian terjadi kebakaran. Pemilik rumah lamgsung berlari keluar rumah dan memberitahukan kepada keluarga serta warga sekitar.

Warga berusaha menyelamatkan barang _barang dari dalam rumah dan karena lokasi berada di wilayah Pasar Ciawigebang, yang banyak pemukiman penduduk dan tempat usaha.

Warga berusaha memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya, akan tetapi api semakin membesar dan khawatir merambat kebangunan lainnya.

Pada pukul 07.20 WIB (20 menit setalah kejadian awal kebakaran), warga setempat Yudi muhrodi / ibu Roroh melaporkan kejadian kebakaran ke kantor Damkar di nomor telepon (0232 ) 871113.

Pada pukul 07.20 WIB 15 anggota Damkar dari regu 2 dan 1 (piket) dan 2 unit Randis menuju Tkp, dan tiba pada pukul -+ 07.30 WIB (10 menit).

Saat tiba dilokasi kebakaran api sangat besar, dibantu anggota Polsek Ciawigebang, anggota Koramil Ciawigebang, anggota Satpol Pp Kec.Ciawigebang, beserta warga masyarakat api berhasil dipadamkan pada pukul 09.30 wib (1 jam 30 menit).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Diterangkan, api tidak sampai merambat kebangunan lainnya,karena cepatnya laporan lejadian kebakaran dari warga masyarakat.

“Peyebab kebakaran diduga berasal dari tumpahan bensin yang di isi dari drigen ke dalam drum, karena terlalu penuh dsn disambar oleh api yang berasal dsri kompor gas yang menyala di dapur,” jelasnya.

Pemilik Rumah memerlukan bantuan berupa perbaikan rumah, makanan, obat_obatan , pakaian dll dan butuh pergantan suarta penting. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pasca tidak ada teror ke hewan ternak di Kecamatan Cibingbin, semua lega. Namun, kelegaan warga hanya sebentar karena serangan serupa terjadi...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Untuk kesekian kalinya petani KJA (Kolam Jaring Apung) Waduk Darma berhasil menangkap ikan raksasa jenis bandeng. Ikan ini berhasil ditangkap pada...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Waduk Darma kembali memberi berkah bagi warga sekitar. Hal ini setelah para petani Keramba Jaring Apung (KJA) kembali menangkap ikan raksasa. Kali...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Elf jurusan Cikijing-Cirebon terbalik di Jalan Kuningan-Cikijing tepatnya di Jalan Desa Kertawirama Kecamatan Darma. Insiden laka tunggal ini terjadi pada Minggu...

Advertisement