Connect with us

Hi, what are you looking for?

Government

Polres Gelar Apel antisipasi Arus Balik Dan Meningkatnya Kunjungan Objek Wisata

KUNINGAN (MASS) – Pasca 3 hari Lebaran 1442 H., Polres Kuningan Minggu (16/5/2021) bertempat di Mapolres Kuningan melakukan gelar apel.

Apel dalam rangka mengantisipasi meningkatnya arus balik dan banyaknya warga masyarakat Kuningan yang melakukan kunjungan di berbagai obyek wisata.

Adapun para peserta Apel diantaranya Wakapolres Kuningan, Para Kabag, Kasat Opsnal dan Perwira Polres Kuningan serta Anggota Satgas yang telah dibentuk Polres Kuningan, diantaranya Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcar Lantas, Satgas Gakkum dan Satgas Bantuan.

Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K., M.Si yang bertindak sebagai pimpinan apel.

Ia menyatakan tujuan diadakannya apel tersebut adalah sebagai langkah antisipasi arus balik mudik.

Selain itu upaya pencegahan banyaknya warga masyarakat yang berkerumun di berbagai obyek wisata sesuai kebiasaan pasca perayaan hari raya Lebaran.

“Kami arahkan agar Tim Satgas dapat melakukan koordinasi dengan pihak pengelola objek wisata untuk selalu menerapkan prokes dan membatasi kapasitas pengunjung sebanyak 50%, ” ujar kapolres.

Dan apabila ada obyek wisata yang tidak melaksanakan protokol kesehatan, maka piahaknya akan berikan peringatan sampai kepada penutupan dan pencabutan ijin usaha.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Terkait dengan kegiatan pemantauan obyek wisatanya, Kapolres menyatakan akan dilakukan oleh Tim gabungan dengan Kodim 0615 Kuningan, Sat Pol PP, BPBD, Dinas Kesehatan dan Dishub Kab. Kuningan.

Lebih jauh Kapolres menambahkan pihaknya akan melakukan test Swab Antigen kepada para pengunjung obyek wisata secara random.

Sehingga apabila ada warga masyarakat yang positif terpapar Covid-19, akan dilakukan tindakan lebih lanjut.

Terkait dengan membludaknya jumlah masyarakat yang mengunjungi obyek wisata merupakan rutinitas pasca perayaan lebaran, pihaknya menekankan kepada semua anggota Satgas yang telah dibentuk agar dalam pelaksanaan di lapangan lebih mengedepankan sisi humanis, persuasif.

Kemudian ia menghindari perdebatan dengan masyarakat yang berpotensi viral dan kontraproduktif.

Pasca pelaksanaan apel di Mapolres Kuningan, Kapolres beserta jajaran selanjutnya melaksanakan apel gabungan di halaman Setda Kabupaten guna melakukan kunjungan dan pemantauan ke berbagai obyek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Kuningan. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pasca tidak ada teror ke hewan ternak di Kecamatan Cibingbin, semua lega. Namun, kelegaan warga hanya sebentar karena serangan serupa terjadi...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Untuk kesekian kalinya petani KJA (Kolam Jaring Apung) Waduk Darma berhasil menangkap ikan raksasa jenis bandeng. Ikan ini berhasil ditangkap pada...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Waduk Darma kembali memberi berkah bagi warga sekitar. Hal ini setelah para petani Keramba Jaring Apung (KJA) kembali menangkap ikan raksasa. Kali...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Elf jurusan Cikijing-Cirebon terbalik di Jalan Kuningan-Cikijing tepatnya di Jalan Desa Kertawirama Kecamatan Darma. Insiden laka tunggal ini terjadi pada Minggu...

Advertisement